Jumat, 12 Februari 2010

Kamu Jangan Keminter Ya!

Setelah seharian Bu Manager ga ‘kumat’, Kupikir aku akan melewatkan jumat sore kemaren dengan tenang. Seminggu ini rasanya berat banget. Ada aja masalah yang muncul dan bikin bu manager naik darah (kayaknya kata itu terlalu sopan untuk menggambarkan kelakuannya…). Ternyata pikiranku salah. Oh noooooooo…….. :(

siang itu sales di kantor Jakarta bilang customernya akan kasih PO. Dasar bu manager, kupinganya langsung ijo (hehehee emang ada ya?)begitu denger kata ‘P.O.’ itu. Jadilah dia kejar-kejar salesnya. Katanya pada sang sales, “Udah kirimin konfirmasi order aja, kelamaan kalo nunggu dia nurunin PO. Suruh orangnya tanda tangan di konfirmasi itu kan dah jadi PO tho'” Tak lama telpon si sales lagi, “Mana POnya kok belum di fax? Suruh cepetan donk ngefaxnya, Keburu running MRP nih”.

Trus dia telpon kepala PPIC, dengan nada suara yang dibuat semanis mungkin (ehm kebiasan penjilatnya itu susah ilang kayaknya) dia berkata, “Me Me, aku minta waktu setengah jam ya buat bikin SO. Run MRPnya diundur setengah aja, aku lagi nunggu PO 3000 kVA ini. Proyek gede lho ini, Me. Oke deh, makasih ya”. Begitu telpon ditutup, chat box di monitorku langsung kedip-kedip. Ada pesan masuk, ternyata dari kepala PPIC yang baru aja ditelpon bu Manager.

Ka PPIC: “Tacik Poniyem lagi kumat ya?”  (poniyem? hehehee ada julukan baru lagi buat bu manager)

Aku: “hehehe ga kok, hari ini dia rada waras”

Ka PPIC: “Enak aja dia minta perpanjangan waktu, setengah jam lagi! Edan!!!”

Aku: “Dia dijanjikan PO sore ini. Ga usah didengerin lah, paling juga POnya ga jadi sore ini di fax”.

Ka PPIC: “Dikira gampang apa spec-nya trafo segitu? Emang Engineering dah bikin BOM-nya juga? Pasti belum deh. Mbencekno kok makmu itu!”.

Aku: “kalo itu sih semua orang juga tau, buk heheheee…”

Tapi ternyata PO di fax juga (firasat buruk nih!). Setelah aku sodorkan padanya, dia suruh aku cepat-cepat bikin Sales Ordernya. Karena itu customer baru, jadi harus didaftarkan ke system. Hanya dengan bekal nama customer itu (biasanya ditolak kalo ga ada no NPWP dan alamat lengkap). Tapi rayuanku berhasil, dan ga sampai 10 menit nama customer itu dah masuk. Sekarang tinggal minta kode barang ke Engineering. Karena tidak ada approval drawing yang dilampirkan sales ke customernya jadi agak ribet meraba-raba spec-nya. Ternyata sales juga ga terlalu paham dengan spec (baguuuuus!!!). Terpaksa deh tanya bu manager (huuh menyebalkan!).

Aku: “Bu, ini pake RIS apa conservator?”

Bu manager: “PAKE RIS! DI PO KAN DISEBUTKAN PAKE RIS THO. GITU AJA TANYA, GOBLOK BANGET SIH!” (siap-siaaaaaaaaaaaap….)

Tanpa ngomong apa-apa, aku sodorkan PO itu kemukanya. Di PO itu memang ga mencantumkan apapun mengenai accessories yang dipake (wiiih mukanya jadi tambah serem).

Bu Manager: “lho harusnya bukan ini yang difax ke customer. Kan sudah tak bikinkan, tinggal ngeprint aja. Aduuuuh sales ini gimana sih, bodoh banget!” (hahahaa….ada sensasi kepuasan tersendiri kalo aku bisa membuktikan dia salah!).

Setelah itu, abislah si sales kena omelan bu manager. Biarpun cuma lewat telpon tapi cukup membekaskan sakit hati yang teramat dalam rupanya. Terbukti dia kirim sms padaku yang bunyinya umpatan buat si boss.

Akhirnya, jadilah Sales Order yang diminta. Kukira sudah selesai, dan ternyata sekali aku salah membaca situasi. Bu manager masuk keruangan dengan ngomel-ngomel….(duuuuh capek banget liat orang satu ini).

Bu manager: “SO-nya jangan dibikin dulu, sales salah kasih spec dan harga”

Aku: “Lha SO-nya sudah saya posting dari tadi kok”.

Bu Manager: “KAMU INI KOK GA MAU DENGER SAYA YA. SAYA KAN BILANG JANGAN DIBIKIN DULU. KAMU INI JANGAN KEMINTER YA!”. (biasa aja kale buk, ga usah melotot gitu ngomongnya lagian kamu ngomong batal kan barusan aja. beneran sarap nih orang!).

Aku: (dalam hati: siap-siap untuk perang!) “Lha kan ibu sendiri tadi yang suruh saya cepet-cepet bikin SO karma mo MRP. Gimana sih!”

Bu Manager: “Kamu ini kalo dibilangi mesti jawab aja!”

Aku: “Repot berurusan sama org pikun”

Bu Manager: “Dah batalin aja SO-nya, bilang PPIC SO dibatalin”

Aku: “batal ya batal, gitu aja kok repot”

Haduuuuh rasanya dah ga kuat kayak gini terus. Nunggu dua bulan lagi kok rasanya lama banget yak…

Tidak ada komentar: